Tongkonan Rumah Adat Toraja

Sebagai manusia yang hidup di era modern mungkin kamu nggak akan percaya dengan fakta menarik tongkonan, rumah adat tana toraja ini. Rumah adat toraja, tongkonan dibagi ke dalam 4 jenis. pembagian ini didasarkan pada fungsi tongkonan itu sendiri, yakni: tongkonan layuk, merupakan rumah dimana peraturan serta penyebarannya disusun. tongkonan pakamberan/pakaindoran, merupakan rumah adat toraja tempat dimana atura-aturan yang telah dibuat dilaksanakan. Rumah adat toraja rumah tongkonan memiliki tiga bagian rumah meliputi bagian utara, bagian tengah, dan yang terakhir adalah bagian selatan. rumah tongkonan bagi masyarakat tana toraja tidak hanya sebagai tempat untuk tidur tetapi juga dianggap sebagai ibu bagi mereka.

Jan 9, 2018 seluruh bagian rumah tongkonan ini memiliki makna tersendiri yang kental dengan unsur tradisi dan kepercayaan. Berikut ini akan kami jelaskan secara detil mengenai keunikan rumah adat tongkonan khas tana toraja. memiliki tiga lapisan segi empat; jika dilihat memang bentuk rumah tongkonan sangat berbeda dan unik. rumah ini terdiri dari tiga lapisan yang lengkap dengan bentuk segi empat. A. rumah adat tongkonan suku toraja bangunan atau arsitektur mulai dari bangunan rumah adat yang disebut dengan tongkonan hingga bangunan kuburan. rumah adat tongkonan merupakan rumah adat khas sulawesi selatan yang memiliki bentuk yang unik mirip seperti bentuk perahu dari kerajaan cina di zaman dulu.

Rumah Adat Tongkonan Asal Daerah Toraja Sulawesi Selatan

Penjelasan singkat rumah adat tongkonan asal daerah toraja sulawesi selatan. tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu. kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam. Jan 27, 2017 tongkonan merupakan rumah adat toraja yang punya makna. mulai dari status sosial sampai arti hidup, semua terukir di sana.

Rumah adat tongkonan tana toraja tana toraja memiliki banyak tujuan wisata yang sangat menarik bagi para pelancong. bukan hanya karena letak daerahnya yang jauh dari keramaian sehingga terasa tenang dan menenangkan, tana toraja juga bisa menjadi ikon wisata sulawesi selatan karena wisata budaya dan peninggalan arsitektur nenek moyang mereka. Tongkonan is the traditional ancestral house, or rumah adat of the torajan people, in south sulawesi, indonesia. tongkonan have a distinguishing boat-shaped and oversized saddleback roof. like most of indo's austronesian-based traditional architecture tongkonan are built on piles. the construction of tongkonan is laborious work and it is usually built with the help of all family members or friends.

Rumah Adat Tongkonan Asal Daerah Toraja Sulawesi Selatan

Tongkonan Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Mengenal tongkonan, rumah adat toraja yang sarat makna.

Mar 4, 2013 masyarakat toraja menganggap rumah tongkonan sebagai ibu, sedangkan alang sura (lumbung padi) sebagai bapak. tongkonan berfungsi . Sketsa rumah adat toraja. di bagian dalam rumah, lantai dan juga dinding rumah adat tongkonan terbuat dari papan yang telah disusun rapi. menariknya, pembangunan rumah adat tongkonan juga tidak menggunakan paku untuk menyambung papan ataupun engsel. mereka hanya mengikat papan atau dinding dengan rotan atau menggunakan pasak kayu sebagai pengunci.

Tongkonan Rumah Adat Toraja

Tongkonan Wikipedia

See more videos for rumah adat toraja tongkonan. Tongkonan is the traditional ancestral house, or rumah adat of the torajan people, in south sulawesi, indonesia. tongkonan have a distinguishing boat-shaped and oversized saddleback roof. like most of indo's austronesian-based traditional architecture tongkonan are built on piles. the construction of tongkonan is laborious work and it is usually built with the help of all family members or friends. in the original toraja society, only nobles had the right to build tongkonan. commoners live in sm.

More rumah adat toraja tongkonan images. Rumah adat sulawesi selatan rumah tongkonan adalah rumah adat bagi masyarakat suku toraja dan telah ditetapkan sebagai rumah adat sulawesi selatan. rumah adat ini sangat terkenal bahkan sampai ke penjuru dunia karena keunikan arsitektur serta nilai nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Rumah adat toraja biasa disebut dengan tongkonan, rumah adat ini selain berfungsi sebagai tempat tinggal, juga memiliki tongkonan rumah adat toraja fungsi sosial budaya yang bertingkat-tingkat di masyarakat. Oct 7, 2019 tongkonan memiliki banyak makna yang menjadi cerminan masyarakat tradisional toraja. inilah 5 fakta menarik terkait rumah adat toraja ini.

Nama Rumah Adat Toraja Dilengkapi Gambar Dan

Tana toraja tongkonan merupakan rumah adat toraja yang punya makna. mulai dari status sosial sampai arti hidup, semua terukir di sana. detiktravel mendapat undangan dari kementerian.

Pergi ke toraja rasanya tak lengkap jika tidak mengunjungi beragam kebudayaan yang ada di sana. salah satunya adalah rumah adat toraja yang bernama tongkonan. bentuk atapnya yang unik dan menjulang menjadi daya tongkonan rumah adat toraja tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Jump to pembagian ruangan rumah tongkonan belum lagi rumah adat toraja tongkonan yang menyimpan banyak misteri. terletak di provinsi .

Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Mengagumkan

Tongkonan is the traditional ancestral house, or rumah adat of the torajan people, in south in the original toraja society, only nobles had the right to build tongkonan. tongkonan rumah adat toraja commoners live in smaller and less decorated homes called banua. .

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng). di bagian depan terdapat tongkonan rumah adat toraja deretan tanduk kerbau. Aug 26, 2019 pernahkah mengunjungi rumah adat tongkonan di tana toraja? konon rumah adat ini memiliki banyak keunikannya, lho. Tana toraja memiliki berbagai tradisi dan kebudayaan seperti rumah adat tongkonan, kubur batu, juga upacara-upacara adat. salah satunya upacara adat .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Barbie Rumah Kupang

Dapur Cokelat Madiun

Dapur Minimalis Ala Jepang